Tuesday, December 18, 2018
Home > Forum

Forum

Curhat Atlet Harus Jauhi Sambal Selama Asian Games 2018  

  RSS

BATAK JOROK
(@gxt99)
Member Admin
Joined: 10 months  ago
Posts: 43
19/08/2018 12:25 pm  

Gizi punya peranan penting untuk mengoptimalkan energi seorang atlet demi mencapai prestasi. Dukungan asupan makanan yang baik menjadi satu hal yang wajib diperhatikan. Bahkan, tak jarang dari mereka kudu rela 'berpisah' sementara waktu dengan santapan-santapan favorit.

Tengok saja cerita Abdullah Jihad Al Akbar dan Indi Dwi kastoro, dua atlet hoki luar ruangan atau outdoor hokey. Keduanya terpaksa menjauhkan diri dari sambal atau makanan pedas lainnya. Pasalnya, rasa pedas yang dihasilkan sambal dinilai bisa mengganggu performa latihan.

"Kalau bisa jangan. Cuma kalau mau maksainngumpet makannya. Kalau lagi untung, enggak kenapa-kenapa. Kalau lagi apes, waktu latihan perut panas," ujar Abdullah pada CNNIndonesia.com saat ditemui di Almond Zucchini, Kebayoran Baru, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Curhat Atlet Harus Jauhi Sambal Selama Asian Games 2018

Sekali waktu, Abdullah pernah bertindak nakal. Dia nekad menyantap sambal. "Makan tanpa ada rasa pedas rasanya ada yang kurang," kata dia. Sayang, kala itu Abdullah kurang beruntung. Akibat aksi nekadnya, dia malah sibuk bolak-balik toilet lantaran diare di tengah agenda latihan.

Selain sambal, mereka juga dilarang keras mengonsumsi mi instan. Selama persiapan Asian Games 2018, Indi mau tak mau harus 'puasa' makan mi, si santapan favorit.

Saking ketatnya aturan makan yang diberlakukan untuk para atlet, pelatih bahkan kerap mengecek lemari makanan di dapur untuk memastikan bahwa anak-anak asuhnya tak mengonsumsi mi instan. Bahkan, lanjut Abdullah, pelatih juga getol mengecek tempat sampah karena takut ada anak asuhnya yang makan mi instan secara sembunyi-sembunyi.

Tak ada daftar asupan makanan tertentu yang diperlukan para atlet hoki. Mereka hanya menekankan pola konsumsi pada jumlah makanan yang disantap. Yang penting, mereka diharuskan makan dalam porsi besar.

Begitu pula dengan minuman, tak ada yang khusus disediakan untuk para atlet hoki ini. Selama latihan, Abdullah dan Indi hanya mengonsumsi air putih diselingi teh manis untuk mengembalikan energi. Yang jelas, mereka dilarang mengonsumsi minumal alkohol. 


ReplyQuote
Claretta Himeka99
(@claretta)
Admin Admin
Joined: 9 months  ago
Posts: 292
13/09/2018 1:17 pm  

Harus


ReplyQuote
Share:

  
Working

Please Login or Register